Profesi yang dibutuhkan indonesia saat ini

" Haiii , sahabat bloger udah lama nihh.. ngak ngepost blog baru - baru ini , maka dari itu saya mohon maff saya juga ngak ngeblog karena ada , banyak keperluan yang mendesak ... sekian permohonan maff saya , kalau ada salah kata tolong mafffinya.. hehehehe....


oke disini mimin mau ngebahas " PROFESI YANG DI BUTUHKAN INDONESIA SAAT INI " oke langsung aja kita bahas dari awal...


Setiap tahunnya, kebutuhan akan lowongan pekerjaan semakin meningkat. Hal ini berlaku di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Para pencari kerja baik "fresh graduate" ataupun profesional berlomba-lomba mencari pekerjaan baik secara "online" maupun dengan mendatangi berbagai "job fair". Tapi tahukah Anda bahwa tidak hanya pencari kerja yang kesulitan mencari pekerjaan, namun ada beberapa industri atau perusahaan di Indonesia  yang kesulitan mencari pekerja? Para pekerja ini umumnya memiliki keahlian sebagai berikut:


1.MARKETING 

Setiap perusahaan apapun bidangnya pasti membutuhkan tenaga marketing baik itu market research analyst ataupun marketing specialist. Untuk menaikkan angka penjualan suatu perusahaan dibutuhkan team marketing yang baik dan solid sehingga kebutuhan akan ahli marketing akan selalu besar. Jobstreet.com, sebuah portal penyedia lowongan kerja, melakukan sebuah riset terhadap 72 perusahaan mengenai jenis tenaga kerja yang sangat mereka butuhkan . Dari survei tersebut didapatkan hasil bahwa sebanyak 37,1% perusahaan membutuhkan ahli marketing untuk perusahaannya. Dari gambaran tersebut bisa disimpulkan bahwa tenaga marketing akan terus banyak dibutuhkan tiap tahunnya. 

 

2.Software Engineering


Semakin majunya perkembangan tekhnologi di Indonesia berimbas pada naiknya kebutuhan akan ahli rekayasa perangkat lunak (software engineer). Profesi sebagai "software engineer" tidak hanya membutuhkan seseorang yang cerdas tetapi juga memiliki kreativitas dan ketekunan yang tinggi karena pekerjaan ini tidak hanya terpaku pada pengembangan perangkat lunak, tetapi juga pada manajemen kualitasnya. Di Indonesia sendiri profesi "software engineer "masih banyak dicampuradukkan dengan profesi "system analyst" dan "programmer" padahal seorang "software engineer" bekerja tidak hanya berdasarkan ilmu komputer saja melainkan juga berkaitan dengan ilmu sosial lain. Kurangnya daya saing lulusan "software engineer" Indonesia membuat posisi ini kerap diisi oleh tenaga asing padahal kebutuhan "software engineer" khusunya tenaga lokal Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. 


Electronics Engineers (Insinyur Elektronik)
Jurusan kuliah: Teknik Elektro

Alasan profesi Electronic Engineer banyak dicari hampir sama dengan alasan di atas, yaitu karena sekarang perekonomian sudah berbasis Internet, Kreatif dan Teknologi.

Pekerjaan utama Electronic Engineer terkait dengan desain, riset dan pengembangan perangkat-perangkat elektronik berbasis Internet, seperti sistem komunikasi, GPS, alat deteksi, dan sebagainya. Perangkat-perangkat elektronik ini akhirnya banyak mendorong kelahiran perusahaan hardware dan “internet of things” baru seperti Nest, Jawbone, dan Quirky.

Nggak mau kalah, perusahaan-perusahaan hardware konvensional seperti Intel, Phillips, Samsung juga ingin membuat banyak inovasi baru. Akibatnya? Insinyur Elektronik makin laku, deh!

 

Mechanical Engineers (Insinyur Mekanik)
Jurusan kuliah: Teknik Mesin

Profesi di bidang Teknik Meskin diproyeksikan akan tumbuh sekitar 5% dari tahun 2012 hingga 2024, sehingga insinyur Teknik Mesin punya peluang besar untuk bekerja di banyak industri di berbagai jenis proyek. 

Mahasiswa yang terbuka dan up-to-date dengan kemajuan teknologi punya prospek yang oke banget di bidang ini.

 

IT Data Analysts (Analis Data Teknologi Informatika)
Jurusan kuliah: Teknik Informatika, Ilmu Komputer

Karena kemajuan Internet dan konektivitas sudah sangat pesat, perusahaan jadi bisa mengumpulkan berbagai macam informasi dan data dengan sangat cepat, misalnya, data-data untuk memahami tren dan perilaku konsumen.

Masalahnya, sebagian besar data yang terkumpul tersebut biasanya masih sangat “mentah” sehingga susah dipahami para CEO dan pengambil keputusan di perusahaan. Nah, tenaga Data Analis lah yang bertugas mengolah dan menginterpretasikan data-data tersebut, sehingga menjadi sebuah informasi yang terstruktur dan berguna buat perusahaan.

Profesi data analis adalah salah satu profesi yang paling dibutuhkan dan cepat berkembang, serta di proyeksikan tumbuh antara 3% - 7% hingga tahun 2022. 


Engineering Managers (Manajer Teknik)
Jurusan kuliah: Semua Teknik

Engineering Manager bertugas untuk merencanakan langsung dan mengkoordinasikan kegiatan engineering di perusahaan, dan ia biasanya membawahi beberapa anggota tim.

Karena perkembangan industri Indonesia semakin maju, Engineering Manager adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan.

 

3.Aviasi

Industri penerbangan Indonesia sangat membutuhkan pilot-pilot asli putra-putri bangsa Indonesia. Kriteria yang sangat ketat dan biaya sekolah penerbangan yang cukup mahal merupakan beberapa kendala yang menyebabkan jumlah pilot asal Indonesia masih kurang, sehingga beberapa maskapai lokal Indonesia masih memperkerjakan pilot-pilot asing untuk memenuhi kebutuhan pilot mereka. Profesi ini sebenarnya sangat diminati sekaligus dibutuhkan karena menjanjikan gaji yang besar, terlebih lagi dengan banyaknya maskapai penerbangan di Indonesia.

Sejalan dengan kebutuhan pilot yang masih jauh dari jumlah ideal, industri penerbangan Indonesia juga masih kekurangan tenaga " Air Traffic Controller (ATC) " dan teknisi pesawat terbang. Lagi-lagi kendala sedikitnya sekolah penerbangan –hanya terdapat 13 sekolah di Indonesia— menjadi akar permasalahan dari kurangnya tenaga pilot, ATC dan teknisi pesawat.

4.Medis

Lowongan profesi dalam bidang medis baik itu dokter, perawat, atau apoteker masih terbuka cukup lebar di Indonesia, terutama di daerah-daerah di luar pulau Jawa. Meskipun lulusan sekolah kedokteran atau keperawatan sudah cukup banyak, tetap saja masih banyak daerah-daerah di Indonesia terutama daerah terpencil yang kekurangan tenaga medis. 

Profesi seperti dokter spesialis bedah juga banyak dibutuhkan di Indonesia. Kurangnya tenaga medis seperti dokter umum dan dokter spesialis ini salah satunya bisa jadi disebabkan oleh lamanya jenjang pendidikan yang harus ditempuh seorang dokter yang bisa mencapai 6-7 tahun untuk mendapat gelar spesialis. Di masa depan, profesi sebagai ahli medis akan semakin banyak dibutuhkan seiring dengan angka pertumbuhan penduduk yang cenderung meningkat di Indonesia.

Profesi keperawatan diproyeksikan tumbuh 16% dari tahun 2012 hingga 2024 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Jauh lebih tinggi dari angka pertumbuhan rata-rata pekerjaan lain, lho! Kok bisa?

Hal ini terjadi karena meningkatnya kebutuhan penanganan dan pencegahan medis, meningkatnya penyakit kronis, dan meningkatnya kebutuhan layanan kesehatan untuk generasi Om-Bapak kita yang lahir tahun 1946-1964.

 

Dokter dan Praktisi Kesehatan
Jurusan kuliah: Kedokteran, Kesehatan Masyarakat

Alasannya sama seperti alasan berkembangnya profesi Keperawatan di atas.

Civil Engineers (Insinyur Sipil)
Jurusan kuliah: Teknik Sipil

Profesi insinyur sipil diproyeksikan tumbuh 8% dari tahun 2012 hingga 2024, meski bervariasi di masing-masing lokasi. Misalnya, profesi insinyur sipil di negara berkembang—seperti Indonesia—lebih cepat berkembang dibandingkan di negara maju.

Presiden Jokowi sendiri sudah mencanangkan percepatan proyek-proyek infrastruktur. Nah, dengan demikian, insinyur sipil bakal banyak dibutuhkan untuk mengelola proyek-proyek pembangunan infrasktruktur tersebut, seperti perumahan, bandara, transportasi (MRT, kereta cepat), jalan tol, dan sebagainya. Soalnya, gara-gara Indonesia krisis insinyur, program pengembangan infrastruktur Jokowi terhambat, lho.

Kabar gembira, nih, buat anak Teknik Sipil!

5.Aktuaria

Aktuaris, sebuah profesi yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan asuransi ini memang termasuk salah satu profesi yang menjanjikan di Indonesia. Aktuaris bekerja layaknya ahli matematika yaitu menghitung risiko, premi, dan dividen pada suatu perusahaan asuransi.

 Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan sektor asuransi, maka kebutuhan akan aktuaris juga bertambah, namun pada kenyataannya tenaga ahli aktuaria di Indonesia masih sangat jauh dari jumlah ideal. Presiden Direktur Prudential Indonesia, William Kuan, mengatakan bahwa di tahun 2013 saja Indonesia hanya memiliki 150 aktuaris dari total 600 aktuaris yang dibutuhkan. Kesimpulannya, profesi aktuaris masih menjanjikan banyak lapangan pekerjaan bagi yang ahli di bidang aktuaria.

Alasanya :

 Akuntan
Jurusan kuliah: Akuntansi

Profesi akuntan dan auditor diproyeksikan tumbuh 11% dari tahun 2012 hingga 2024  di seluruh dunia, lebih cepat dari pertumbuhan rata-rata pekerjaan pada umumnya.

Secara umum, pertumbuhan profesi akuntan dan auditor terkait erat dengan pertumbuhan ekonomi negara. Sehingga tingkat kebutuhan profesi ini bervariasi, tergantung pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Nah, dengan semakin bertumbuhnya ekonomi Indonesia, profesi akuntan akan semakin dibutuhkan dan diminati.

 

Kesimpulannya, lima profesi yang paling banyak dicari di dunia setelah software engineer and developer adalah insinyur elektronik, insinyur mekanik, serta perawat.

 

Menariknya lagi, 7 dari 10 pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan, adalah profesi yang terkait dengan engineering. Nggak heran kalau Indonesia bakal kekurangan banyak insinyur di masa depan! Merasa bidang-bidang ini nggak ada yang sesuai dengan minat kamu? Tenang, sob! Masih banyak profesi seru dan bermasa depan cerah yang akan kami bahas. Stay tune!

 

KATA - KATA MOTIVASI UNTUK KEADAAN SAAT INI : " make your dream become a wonderful way for the start of your day ( jadikan mimpimu menjadi jalan yang indah untuk awal harimu )

 


 



 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Koperasi Ghanesa

MULTIMEDIA KREATIF